Home > Destinasi > Kawasan Bedugul, sebagai sumber air Pulau Bali

Kawasan Bedugul, sebagai sumber air Pulau Bali

Kawasan Bedugul, sebagai sumber air Pulau Bali
Mungkin bagi para pelancong yang datang ke Pulau Bali, kawasan Bedugul menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik. Selain memang berada dikawasan dataran tinggi yang sangat sejuk dan cenderung dingin, seperti kawasan puncak di Bogor, kawasan Bedugul di Pulau Bali mempunyai Danau Beratan, Danau Tamblingan dan Danau Buyan yang memiliki pemandangan yang indah. Lokasi Bedugul berada di tengah perjalanan dari Kota Denpasar ke arah utara menuju Kabupaten Singaraja. Mereka yang berpergian baik dengan kendaraan sewa maupun kendaraan pribadi biasanya tidak melewatkan area wisata yang terpusat di pinggir Danau Beratan. Pesona Danau Beratan memukau sejak berabad lampau dengan hamparan hijau dan airnya yang bening. Danau Beratan berdekatan disanding oleh danau disekitar kawasan Bedugul yaitu Danau Buyan dan Danau Tamblingan yang tidak kalah indahnya dengan Danau Beratan. Danau Tamblingan bahkan lebih murni dari Danau Beratan dan Danau buyan karena tidak berada di pinggir jalan besar. Sekelilingnya hanya hutan lebat dan Pura. Barulah di lingkaran luar sebelah utara ada beberapa rumah penduduk.

Lingkungan Kawasan Danau harus dijaga
Sebagai sumber kemakmuran di Pulau Bali berupa air danau yang rembesannya mengaliri sungai-sungai di wilayah Buleleng, Tabanan dan Badung, danau di kawasan Bedugul harus dijaga dengan baik lingkungan dari kerusakan alam. Kawasan lingkungan bedugul saat ini masih sangat indah dan sejuk, dimulai dari Desa Luwus, yang sekarang menjadi tujuan utama wisatawan nusantara dengan dibukanya Outlet – TEMAN JOGER, produksi Kaos Humor kata-kata dari Pulau Bali yang sangat terkenal dikalangan wisatawan nusantara.

Teman Joger Luwus

Teman Joger Luwus

Kearah utara, dari menuju bedugul akan dijumpai kawasan sejuk penghasil sayur mayur di pulau Bali, seperti Pasar Agrowisata Baturiti, juga yang selalu ramai adalah Pasar Candi Kuning, sebelum area danau beratan, bisa diperoleh hasil pertanian seperti strawberry, sayur mayur lainnya. Kawasan bedugul juga mempunyai objek wisata Kebun Raya Bedugul yang dikelola oleh LIPI. Juga tidak jauh dari lokasi, Pura Ulun Danu yang berada di samping danau sangat indah pemandangannya.

Danau Beratan - Bedugul

Danau Beratan - Bedugul

 

 

 

 

 

 

 

 

Pro Kontra Rencana pembangunan Pembangkit Listrik Panas Bumi di Bedugul.
Kawasan bedugul juga mempunyai potensi sumber panas bumi, seperti yang telah disampaikan oleh banyak pihak yang ahli didalam bidang energi.
Mengenai rencana eksplorasi kawasan bedugul untuk pembangunan pembangkit listrik panas bumi (Geothermal) menjadi pro kontra.
Kalau mengacu dari peruntukan dan manfaat, memang ini sangat riskan untuk menyebabkan kerusakan dikawasan Bedugul.
Pengeboran sumur-sumur gas dikhwatirkan merusak struktur tanah juga pertimbangan di sekitar Bedugul mempunyai nilai sakral gunung, hutan, danau, dan Pura-Pura yang memang sangat dijunjung tinggi oleh sebagian besar masyarakat bali yang mempunyai keyakinan agama Hindu.

Dengan pertimbangan lingkungan memang sebaiknya proyek PLTP Geothermal Bedugul dibatalkan dan hutan yang terlanjur digunduli agar dipulihkan dengan penanaman kembali. Mari bersama, menjaga dan selamatkan kawasan bedugul dari kerusakan lingkungan!

Ikut partisipasi dalam penulisan materi blog bertema Lingkungan Hidup.. ayo, menulis!šŸ™‚

Categories: Destinasi
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: